Linked List Dalam Bahasa C#

9

 

 

 

Konsep dasar struktur data dinamis adalah alokasi memori yang dilakukan secara dinamis. Pada konsep ini, terdapat suatu struktur yang disebut dengan struktur referensi diri (self-referential structure), mempunyai anggota pointer yang menunjuk ke struktur yang sama dengan dirinya sendiri. Struktur data dinamis sederhana dapat dibagi menjadi empat jenis, yaitu :

  1. Linked list
  2. Stack
  3. Queue
  4. Binary tree

DEFINISI LINKED LIST

Linked List adalah suatu cara untuk menyimpan data dengan struktur sehingga dapat secara otomatis menciptakan suatu tempat baru untuk menyimpan data yang diperlukan.  Program akan berisi suatu struct atau definisi kelas yang berisi variabel yang memegang informasi yang ada di dalamnya, dan mempunyai suatu pointer yang menunjuk ke suatu struct sesuai dengan tipe datanya. Struktur dinamis ini mempunyai beberapa keuntungan dibanding struktur array yang bersifat statis. Struktur ini lebih dinamis, karena banyaknya elemen dengan mudah ditambah atau dikurangi, berbeda dengan array yang ukurannya bersifat tetap. Manipulasi setiap elemen seperti menyisipkan, menghapus, maupun menambah dapat dilakukan dengan lebih mudah.

Linked list merupakan struktur data (bertipe sama, Lihat: Struct (Struktur) dalam Bahasa C) yang terdiri sekumpulan node yang secara bersama-sama merepresentasikan sebuah urutan. Linked list juga disebut sebuah metode untuk menyimpan data dengan struktur sehingga dapat secara otomatis menciptakan suatu tempat di memory untuk menyimpan data yang dibutuhkan.

Ada beberapa Jenis dari linked list, Antara Lain:

  • Single linked list
  • Double linked list
  • Circular linked list

9

Pada gambar diatas kita memiliki 4 buah Struktur node, yang masih-masing menyimpan data dengan nilai 10, 20, 30 dan 40. Pointer P yang terdapat pada Struktur node ke-1 berisi alamat dari Struktur node ke-2, Pointer P yang ada pada Struktur node ke-2 berisi alamat dari Struktur node ke-3, dan Pointer P yang ada pada Struktur node ke-3 berisi alamat dari Struktur node ke-4, Sedangkan Pointer P yang terdapat di struktur node ke-4 akan berisi NULL, hal ini menunjukkan bahwa struktur node ke-4 berada di akhir rangkaian.

Keyword :Linked ListLinked List Dalam Bahasa C#
Algoritma dan Pemograman Linked List

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s