Wajan Bolic

Hai, Selamat berjumpa lagi dengan saya, postingan sekarang akan bahas tentang Wajan Bolic, sebelumnya sudah pada tahu belum tentang Wajan Bolic, kalau belum langsung saja yah😀

Untuk mengakses suatu jaringan diperlukan suatu Antena yang digunakan untuk menghubungkan PC dalam suatu jaringan yang luas. Untuk lebih meringankan biaya pengadaan antena maka suatu Antena dapat dibangun dari berbagai jenis alat dan bahan yang biasa kita jumpai pada kehidupan sehari-hari. Salah satunya dengan menggunakan Antena Wajanbolic yang bisa kita dapatkan dengan cara membuatnya sendiri tanpa harus membeli barang langsung jadi.

image001

  1. Sejarah Antena Wajanbolic

Antena Wajan, atau Wajan bolic e-goen merupakan terobosan dalam Teknologi RT/RW-net. Antena Wajan bolic e-goen dapat menjadi client yang murah dalam sebuah RT/RW-net sehingga kita dapat ber Internet dengan murah. Internet murah bukan berarti mencuri bandwidth dan berinternet gratis, seperti kebanyakan orang menyangka. Internet menjadi murah karena beban biaya di tanggung ramai-ramai oleh banyak pengguna di sebuah RT/RW dalam RT/RW-net. Dimasa sekarang kita sudah tau jaringan tanpa kabel yaitu Wireless, jaringan ini sudah di legalkan oleh pemerintah pada tahun 2005 dan sekarang untuk akses jaringan ini kita memerlukan perangkat keras berupa Akses point, WLAN, dan juga USB wi-fi yang bekerja pada frekwensi 2,4 Ghz. Antena wajan bolic bertujuan untuk memperhemat dana dari pada membeli antena grid atau yagi yang mahal itu, tapi bisa juga antena wajan bolic dibuat untuk mecrack keamanan ISP.

image004

Antena Wajanbolic e-goen di kembangkan oleh Pak Gunadi (Pak Gun) atau lebih di kenal e-goen. Pak Gun berasal dari Jogyakarta alumni STEMBAYO. Informasi terakhir, beliau bekerja di Indosat menjadi salah seorang yang bertanggung jawab di Stasiun Bumi Indosat di Purwakarta. Sejak 2005-awal 2006, sosok e-goen dominan memberikan inspirasi bagi bangsa Indonesia untuk mengembangkan antena wajan & antena panci di Indonesia. Antena wajan yang kemudian dikenal sebagai wajanbolic e-goen menjadi andalan utama bagi mereka yang ingin membangun RT/RW-net atau Wireless Internetmurah di rumahnya dengan modal sekitar Rp. 300-350.000 saja.

Pak Gun aktif di mailing list indowli@yahoogroups.com dan mengajarkan subscriber indowli@yahoogroups.com teknik-teknik membuat antena murah menggunakan wajan, kaleng, pipa pralon. Dengan peralatan yang sangat sederhana kita dapat membangun sambungan Wireless Internet yang cukup jauh untuk menjangkau wilayah lebih dari 2-4 km.

       2. Catatan Aturan Penggunaan Frekuensi

Semua frekuensi yang digunakan di Indonesia harus menggunakan ijin dari pemerintah, dalam hal ini di atur oleh Direktorat Jendral Pos & Telekomunikasi (DITJEN POSTEL) di bawah Departemen Komunikasi & Informasi (DEPKOMINFO). Khusus untuk frekuensi operasi wajanbolic e-goen yang berada di band 2.4GHz, sejak tanggal 5 Januari 2005, setelah di tanda tangani Keputusan Menteri No. 2 / 2005 tentang Wireless Internetdi 2.4GHz oleh Hatta Rajasa. KEPMEN 2/2005 maka pada prinsipnya frekuensi 2.4GHz bebas digunakan dengan syarat, antara lain,

  1. Maksimum daya pancar 100mW
  2. EIRP maksimum 36dBm
  3. Semua peralatan yang digunakan di sertifikasi.

    C. Pengenalan Antena Wajan bolic

  1. Pengertian Wajan Bolic

Wajan Bolic berasal dari 2 kata yaitu wajan (alat penggorengan) dan bolic (parabolic). Jadi Wajan Bolic adalah sebuah antena parabolic yang terbuat dari alat penggorengan beupa wajan. Antena ini digunakan untuk menerima sinyal WiFi dalam jaringan wireless untuk menghubungkan suatu computer ke jaringan internet.

  1. Keunggulan Dan Fungsi Wajan Bolic

Adapun keunggulan dan fungsi produk dari system wireless LAN dengan menggunkan antena wajan yang di gunakan untuk menghubungkan suatu computer ke jaringan internet antara lain sebagai berikut :

1. Keunggulan

Ada beberapa keunggulan dari system jaringan wireless LAN dengan menggunakan antena wajan yaitu sebagai berikut :

1) Mobilitas

System jaringan wireless LAN dengan menggunakan antenna wajan dapat menyediakan pengaksesan jaringan internet

lebih cepat daripada menggunakan modem.

2) Kecepatan dan kesederhanaan instalasi

System wireless LAN dengan menggunakan antenna wajan, dapat dipasang dengan cepat dan mudah sehingga tidak

menyita waktu terlalu banyak.

3) Fleksibilitas pemasangan

Tekhnologi wireless LAN yang menggunakan antenna wajan dapat menyediakan jaringan di mana kabel tidak memungkinkan untuk di pasang.

4) Pengurangan anggaran biaya

Pada antenna wajan ini tidak di butuhkan biaya yang sangat banyak daripada antenna yang dipasarkan, mengapa demikian karena antenna wajan merupakan antenna buatan sendiri.

5) Kemampuan jangkauan

System wireless LAN dengan menggunakan antenna wajan dapat dipasang pada topologi yang bermacam-macam untuk mendapatkan kebutuhan instalasi dan pemakaian yang sesuai. Kemampuan jangkauan yang bisa di capai oleh antena wajan cukup tinggi, karena terbuat dari wajan sehingga kesempurnaannya tidak sebanding dengan antena parabolic yang sesungguhnya.

2. Fungsi

Adapun fungsi dari system wireless LAN menggunakan ante na, khususnya antena wajan yaitu antara lain :

  1. Antena wajan berfungsi sebagai penghubung untuk mengakses suatu jaringan, dari pusat ke PC home.
  2. Dengan adanya system wireless LAN menggunakan antena wajan kita bisa mengakses jaringan internet yang lebih cepat dan murah bahkan bisa mengakses jaringan internet tanpa bayar (internet gratis).
  3. Jaringan wireless LAN menggunakan antena wajan memberikan suatu layanan yang tidak dapat di sediakan oleh jaringan kabel.
  1. Kelebihan Dan Kekurangan Antena Wajan Bolic

a. Kelebihan

Penggunaan antena Wajanbolic ini memiliki beberapa keuntungan :

  1. Jaringan lebih cepat daripada modem
  2. Dapat di pasang dengan cepat dan mudah sehingga tidak menyita waktu terlalu banyak.
  3. Murah

b. Kekurangan

  1. Karena berupa ‘solid dish maka pengaruh angin cukup besar sehingga memerlukan mounting ke tower yang cukup kuat
  2. Level daya yang dipancarkan tidak bisa dikendalikan dengan baik.
  3. Tidak sesensitif antena parabolaasli dalam menangkap gelombang sinyal
  4. Tidak tahan lama, harus melakukan kalibrasi ulang berkali-kali.

      4. Cara Kerja
Prinsip kerja antena Wajanbolic seperti antena parabola lainnya, yaitu menempatkan bagian sensitif antena pada titik fokus parabola (wajan) sehingga semua gelombang  mengenai wajan akan terkumpul dan diterima oleh bagian sensitif tersebut. Jangkauan kerja antena ini dapat mencapai hingga 1-2 km bahkan kini ada yang hingga 5 km. Antena Wajanbolic terbentuk dari 3 komponen utama yaitu :

  • Reflektor yang terbuat dari wajan Biasanya wajan yang digunakan berdiameter minimal 40cm, sebagian besar ukuran wajan akan semakin baik karena semakin banyak frekuensi radio yang dapat ditangkap.
  • Bagian Sensitif antena berbentuk Tabung berisi USB WLAN Sebagai Tabung dapat digunakan Pipa Paralon 3” sepanjang 23cm dan bungkus 16cm dari panjangnya dengan Aluminium foil.
  • Kabel penghubung antena ke komputer Biasanya menggunakan kabel USB yang biasanya disediakan dalam paket USBWLAN, dipotong di tengah-tengah dan disambung dengan menggunakan kabel UTP atau Kabel LAN.

A. Langkah – Langkah Membuat Antena Wajan Bolic
1. Persiapan
Sebelum melakukan perakitan antena wajan bolic, perlu disiapkan alat dan bahan yang di butuhkan. Alat dan bahan tersebut antara lain.
a. Wajan dengan diameter minimal 40cm (harga sekitar Rp. 40.000,-)
image005

b. USB Wireless LAN TP-LINK TL-WN727N(harga sekitar Rp.115.000,-)

image006

c. Pralon 3” panjang sekitar 30 cm.

image008

d. Tutup Pralon 3” 2 buah (harga sekitar Rp. 4.000,- / buah)

image010

e. Aluminium Foil secukupnya.

image012

f. Busa/ Styrofoam bekas kemasan barang elektronik secukupnya.

g. Kabel USB (harga sekitar Rp.8.000,-)

image014

h. Kabel UTP 12m (harga sekitar Rp.3.000,-/m)

image016

i. Solder dan Timah

image018

j. Lakban hitam dan double tape

 image020 image022

k. Baut dan mur ( ukuran disesuaikan )

image024

       2. Perakitan

a. Proses pembuatan antena wajan bolic :

  1. Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah menyiapkan alat dan bahan pembuatan wajan.
  2. Setelah semua alat dan bahan tersedia, ambil wajan penggorengan, kemudian lubangi wajan tersebut tepat di tengah wajan seukuran baut 12 atau 14, cukup satu lubang saja. Kemudian, ukur diameter wajan, kedalaman wajan dan feeder/ titik focus. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar di bawah.Contoh :Parabolic dish dengan D = 70 cm, d = 20 cm maka jarak titik fokus dari center dish : F = D^2/(16*d) = 70^2 / (16*20) = 15.3 cm Pada titik fokus tersebut dipasang ujung feeder untuk mendapatkan gain maksimum.
  3. Setelah diameter wajan, kedalaman wajan, dan titik fokus wajan telah diketahui selanjutnya potong PVC paralon sepanjang 30 cm, kemudian beri tanda untuk jarak feedernya (daerah bebas aluminium foil). Untuk menentukan panjang feeder nya gunakan rumus di atas.
  4. Beri lubang pada bagian paralon untuk meletakkan USB Wireless.
  5. Selanjutnya, bungkus PVC paralon dengan aluminium foil pada daerah selain feeder, jika aluminium foil yang ada tanpa perekat, maka untuk merekatkannya bisa menggunakan double tape.
  6. Pasangkan USB Wireless D-Link DWL-112 pada PVC paralon yang telah dilubangi tadi.
  7. Pasangkan juga kabel USB yang akan disambung ke Personal Computer Pada bagian doff (tutup PVC paralon) yang akan di pasang pada ujung dekat dengan USB Wifi harus di beri aluminium foil, sedangkan doff yang di pasang pada wajan tidak perlu di beri aluminium foil.
  8. Pasangkan doff tersebut ke PVC paralon.
  9. Kemudian, wajan yang telah di lubangi tadi dipasangkan dengan doff yang satunya lagi, sebelumnya doff tersebut dilubangi sesuai dengan ukuran baut yang sudah disiapkan, dan kencangkan secukupnya.
  10. Selanjutnya pasangkan PVC paralon tadi ke wajan yang sudah di pasang doff.
  11. Antena wajan bolic siap digunakan.

b. Membuat Kabel USB Extender

Pembuatan kabel ini berguna jika komputer anda berada di dalam ruangan sementara antena wajan bolic akan diletakkan pada luar ruangan, gunanya hanya untuk memperpanjang kabel USB saja. Dalam hal ini kita memerlukan dua kabel yaitu kabel USB dan Kabel UTP, adapun caranya yaitu sebagai berikut :

  1. Pertama-tama kita siapkan bahan-bahan.
  2. Setelah bahan tersedia, selanjutnya ambil kabel USB potong kabel tersebut hingga terbagi dua.
  3. Pada potongan kabel USB terdapat empat buah kabel berwarna putih, hijau,hitam dan merah, sedangkan pada kabel UTP terdapat delapan buah kabel yaitu putih orange, orange, putih biru, biru, putih coklat, coklat, putih hijau, hijau.
  4. Kabel merah pada USB kita sambungkan ke kabel orange dan putih orange ada UTP kita sambungkan ke kabel putih hijau pada UTP
  5. Kabel hijau pada USB kita sambungkan ke kabel hijau pada UTP
  6. Yang terakhir kabel hitam pada USB kita sambungkan ke kabel coklat, putih coklat, biru, putih biru.
  7. Setelah semua kabel terhubung selanjutnya koneksikan kabel tersebut ke PC dan wajan bolic siap digunakan browsing atau paling tidak untuk wardriving.

Ditengah krisis global yang sedang melanda, namun kebutuhan akan teknologi internet yang semakin tinggi, maka wajan bolic merupakan salah satu alternatif, karena pembuatannya yang mudah dan relatif lebih murah dan murah.

thank for read🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s